LKPD.38. Peristiwa Mutasi pada Mahkluk Hidup

Note : "perubahan dalam kehidupan adalah sesuatu yang bisa/pasti terjadi dan akan dialami oleh setiap diri, maka persiapkan diri kita"

Pendahuluan
Mutasi berarti perubahan. Apa yang berubah ?
Jika mutasi terjadi pada mahkluk hidup, maka yang berubah adalah materi genetic ( gen, kromosom) yang bisa berakibat pada perubahan genotip dan fenotip mahkluk hidup. Mahkluk hidup hasil mutasi dinamakan mutan, sedangkan penyebab terjadinya mutasi dinamakan mutagen. Peristiwa perubahannya dinamakan mutasi.
Bagaimana peristiwa mutasi gen dan kromosom yang terjadi pada mahkluk hidup ? Apa dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya mutasi pada mahkluk hidup ?

Tujuan :
Setelah menyelesaikan  kegiatan belajar ini, diharapkan anda mampu untuk :
1) Menganalisis jenis-jenis mutasi pada mahkluk hidup
2) Menganalisis dampak adanya mutasi terhadap mahkluk hidup dan kehidupan

Alat dan bahan :
- Kertas & bolpoin
- Gambar macam mutasi gen dan gambar mutasi kromosom
- Smartphone

Sumber belajar :
1) Buku ( Irnaningtyas,2018,Biologi SMA/MA untuk kelas XII peminatan MIPA,Jakarta,Erlangga)

Prosedur :
Kegiatan 1. Mutasi gen
Amati dan Pelajari dengan seksama gambar 1.  Macam mutasi gen berikut ! (diskusikan dengan teman dalam kelompok anda !)
Gambar 1. Macam-macam mutasi gen
Diskusikan !
1) Apa yang terjadi pada mutasi gen substitusi (substitution) ? Apa akibat yang timbul /muncul jika terjadi mutasi seperti ini ?
2) Apa yang terjadi pada mutasi gen delesi (deletion) ? Apa akibat yang akan timbul/muncul jika terjadi mutasi ini ?
3) Apa yang terjadi pada mutasi gen insersi (insertion) ? Apa akibat yang akan timbul/muncul jika terjadi mutasi jenis ini ?

Kegiatan 2. Mutasi Kromosom
Amati dan pelajari gambar 2. Macam-macam mutasi kromosom berikut ini ! ( diskusikan dengan teman dalam kelompok anda ! )
Gambar 2. Macam-macam mutasi kromosom
Diskusikan !
1) Apa yang terjadi pada mutasi kromosom deletion (delesi) ?Apa akibat yang akan terjadi jika sebuah kromosom mengalami delesi ?
2) Apa yang terjadi pada mutasi kromosom duplication ?Apa akibat yang akan terjadi jika sebuah kromosom mengalami duplication ?
3) Apa yang terjadi pada mutasi kromosom inversion ?Apa akibat yang akan terjadi jika sebuah kromosom mengalami jenis ini ?
4) Apa yang terjadi pada mutasi kromosom reciprocal translocation ?Apa akibat yang akan terjadi jika sebuah kromosom mengalami mutasi jenis ini  ?
5) Apa saja dampak yang timbul dari adanya peristiwa mutasi (gen, kromosom) ini pada mahkluk hidup ? Siapa yang dirugikan, siapa yang diuntungkan?

Dokumentasikan semua hasil diskusi  dalam buku catatan anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar